Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan

Saat jangkrik menghirup oksigen maka terjadi penurunan tekanan gas dalam respirometer sehingga eosin bergerak masuk ke arah respirometer. Santoso, Putra. Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan maka dapat disimpulkan bahwa: Semakin besar nilai komponen — diinjeksikan kedalam pipa respirometer hingga skala 12 dan diusahakan tidak ada gelembung udara.

Respirometer dipakai untuk mengukur konsumsi oksigen hewan yang berukuran kecil seperti serangga atau laba-laba. Sehingga pada Pada suhu dingin hewan-hewan ini Hemidactylus sp. Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Trackea-trackea tersebut saling behubungan satu sama lain sehingga memungkinkan terjadinya aliran udara yang searah di dalam tubuh hewan.

ARDIANSYAH PUTRA, M.Pd

Sebaliknya terdapat juga serangga yang mampu tinggal lama di dalam air dengan bantuan suatu organ yang disebut plastron, suatu filamen udara. Buku Ajar Fisiologi Isnaeni, Wiwi.

Pada suhu panas sp.

Keempat yaitu belalang dengan berat 0,4 gram dan rata-rata oksigen yang dibutuhkan adalah 1, Seeley, Beberapa faktor yang mempengaruhi laju konsumsi oksigen antara lain temperatur, spesies hewan, ukuran badan, dan aktivitas. Untuk hewan endoterm, ini disebabkan karena berat badan pada hewan yang berukuran tubuh kecil akan masing-masing hewan berbeda.

Oksigen yang masuk digunakan tubuh untuk melakukan proses respirasi, yaitu proses pemecahan zat-zat makanan untuk menghasilkan energi. Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Laju konsumsi oksigen dapat ditentukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggunakan respirometer, metode Winkler, maupun respirometer Scholander.

Serangga air juga ada yang memanfaatkan insang trakheal tracheal gill. O2 berdifusi ke dalam sel — sel tubuh.

Dibandingkan dengan jangkrik yang memiliki berat nomer dua memiliki daya ikat oksigen yang paling banyak ini disebabkan karena mungkin aktivitas jangkrik yang lebih aktif dibandingkan dengan hewan-hwan yang lain.

Daya ikat oksigen terbesar keempat adalah belalang dengan berat nomer empat. Pearson Chown, S. Udara yang dimasukkan itu mengandung oksigen, sedangkan udara yang dikeluarkan mengandung Karbon Dioksida serta uap air.

Hal menit. Trakea bercabang — cabang sampai ke pembuluh halus yang mencapai seluruh bagian tubuh. Pada masing — masing ruas tubuh terdapat sepasang stigma, sebuah di sebelah kira dan sebuah lagi di sebelah kanan. Skala akhir manometer dibiarkan selama 5 menit serta dihitung T: Udara keluar dan masuk tidak melalui mulut melainkan melalui lubang — lubang sepanjang kedua sisi tubuhnya.

In the cold temperature, the highest respiration rate were Valanga sp. Beberapa faktor yang mempengaruhi laju konsumsi oksigen antara lain temperatur, spesies hewan, ukuran badan, dan aktivitas Tobin, Alat yang digunakan pada praktikum ini adalah respirometer, eosin, dan NaOH.

Semakin tua usia suatu organisme maka semakin sedikit respirasi komponen tersebut, maka semakin besar laju yang dibutuhkan. Laju respirasi pada hewan invertebrata dan vertebrata dengan perbedaan suhu Spesies No Temperatur parameter Valanga sp.

Diletakkan perangkat percobaan pada posisi yang ideal dan dibiarkan selama 5 menit lalu dihitung perubahan skala yang ditunjukan oleh eosin pada manometer. Masukan jangkrik kedalam botol respirometer kemudian tutup dengan pipa berskala.

Konsep dan Penerapan Sains Johnson, D. Waktu dan Tempat Tekanan udara di luar tubuh lebih tinggi Praktikum ini dilaksanakan pada hari Rabudaripada di dalam paru-paru sehingga udara 11 November pukul di Laboratorium masuk ke dalam paru-paru menuruni gradien Teaching 2, Jurusan Biologi, Fakultas tekanan Santoso, · Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan · Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan teman.

Laju metabolisme adalah jumlah total energi yang diproduksi dan dipakai oleh tubuh per satuan waktu (Seeley, ). Laju metabolisme berkaitan erat dengan respirasi karena respirasi merupakan proses ekstraksi energi dari molekul makanan yang bergantung pada adanya oksigen.

· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan · Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan temanAuthor: Ahmad Suryadi.

Hubungan berat badan dengan laju respirasi pada suhu dingin Pada suhu dingin laju respirasi tertinggi Hemidactylus sp.

sebagaimana menurut terjadi pada Valanga sp. Yakni 0, ml/g/s, Tobin () yang mengatakan bahwa sedangkan terendah terdapat pada ukuran tubuh juga menentukan besarnya laju Periplaneta sp. yakni 0, ml/g/s. Hal konsumsi oksigen. Untuk hewan endoterm. · Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, d an lain-lain.

· Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, d an lain-lain.

Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
Rated 0/5 based on 5 review